artikelsoftware

Software Siap Pakai vs Software Custom

Terdapat dua buah pilihan bagi perusahaan yang belum memiliki sistem atau perusahaan yang sudah memiliki sistem tetapi ingin menggunakan sistem baru, yaitu :

  • Mengembangkan aplikasi yang spesifik untuk perusahaan tersebut (custom software), atau
  • Memilih produk-produk yang telah ada di pasaran kemudian di-mapping dengan proses bisnis perusahaan untuk mengukur tingkat kecocokan software dengan kebutuhan bisnis perusahaan (package software).

Masing-masing pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu :

Custom software

Kelebihan :

  • Semua kebutuhan bisnis perusahaan dapat dipenuhi dan sesuai dengan keinginan manajemen.
  • Karena custom maka hasil akhirnya pun spesifik hanya untuk perusahaan klien.

Kelemahan :

  • Waktu yang lama dan biaya besar, terdapat tiga buah masalah klasik yang masih sering terjadi yaitu : keterlambatan penyelesaian proyek, membengkaknya biaya akibat keterlambatan tersebut dan juga kesulitan dalam menetapkan ‘deadline’ yang menyatakan bahwa proyek tersebut telah selesai.
  • After sales support, pengembangan aplikasi yang bersifat custom biasanya dilakukan oleh tim yang telah berpengalaman oleh karena itu maka pemahaman sistem yang dikembangkan secara keseluruhan hanya dimiliki oleh beberapa orang, walaupun mereka telah membuat dokumentasi untuk setiap tahap pengembangan sistem. Hal ini beresiko terhadap support yang diberikan kepada client dimasa yang akan datang biasanya karena tim pengembang sudah berubah atau berganti personel.
  • Versi program tidak dikembangkan lagi, sementara perusahaan pengembang memiliki program dengan banyak versi seperti program versi perusahaan a, versi perusahaan b dan seterusnya. Sehingga setiap penanganan kesalahan atau update program berpotensi untuk memunculkan masalah baru lagi.

Software Paket

Saat ini terdapat ratusan bahkan ribuan software paket untuk berbagai model bisnis. Software paket dikembangkan mengikuti standar dan menerapkan best practices pada suatu model bisnis, sehingga software paket dapat diterapkan pada perusahaan tanpa perlu adanya modifikasi.

Penjualan software paket memiliki karakteristik yang sama dengan barang-barang komoditas, dimana pelanggan mempertimbangkan beberapa produk software dan memilih software mana yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kelebihan :

  • Software paket dijual dalam kondisi sudah teruji dan stabil, karena untuk produk massal biasanya memiliki pengujian yang ketat, kontrol bugs dan update berkala terhadap aplikasi yang dikembangkan.
  • Software paket biasanya sudah diimplementasikan oleh banyak perusahaan sehingga semakin lama akan semakin solid dan bebas dari bugs.
  • Biaya pembelian dan implementasi yang relatif lebih murah dibandingkan dengan custom software.
  • Support & after sales biasanya lebih baik.

Kelemahan :

  • Perusahaan harus mengikuti proses bisnis yang terdapat pada software paket tersebut, karena software akan diimplementasikan tanpa perubahan sedikitpun, kalaupun ada biasanya hanya terbatas pada pembuatan laporan, baik yang dibuat oleh pengembang aplikasi ataupun melalui modul custom report (pelanggan dapat membuat dan menambahkan laporan).

Kini anda tahu bedanya antara software custom dan software paket, dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari yang disebutkan diatas, semoga anda dapat memilih mana yang terbaik untuk kebutuhan bisnis anda. Kami membuka jasa konsultasi gratis untuk anda jika anda ingin berdiskusi lebih lanjut tentang software custom & software paket, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar atau hubungi kami.

Sumber: dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *